Akankah Batu Akik Nasional Tembus Pasar Dunia

Advertisment

Semakin hari popularitas batu akik semakin ramai, bahkan sekarang para pengrajin dan pedagang batu akik didukung oleh pemerintah daerah. Banyak pemerintah daerah yang memberikan dukungan dengan memberikan program pelatihan ataupun memberikan mesin pengasah batu akik (Baca: Pelatihan Pedagang Batu Akik di Mataram). Secara nasional batu akik sangat begitu laris manis, namun Akankah Batu Akik Nasional Tembus Pasar Dunia. Penjualan batu akik di Indonesia sangat begitu pesat dan perputaran uang jual beli batu akik semakin tinggi.



Menurut Dirjen Kerjasama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Bachrul Chairi di Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian, pangsa pasar batu akik dunia saat ini mengalami penurunan, karena salah satu faktornya ialah popularitas batu akik di nasional yang sedang tinggi. komoditas perhiasan merupakan salah satu penyumbang devisa yang sangat tinggi, jika komoditas lainnya sedang mengalami penurunan. Batu Akik Nasional Tembus Pasar Dunia menurut Bachrul Chairi ini sangat sulit karena pangsa pasar dunia lebih menyukai jewelry atau batu mulia yang sudah memiliki sertifikat dan desainnya juga berkualitas.

Demikian merupakan ulasan tentang Akankah Batu Akik Nasional Tembus Pasar Dunia semoga dapat bermanfaat bagi anda para pencinta batu akik. Ikuti terus informasi dan tips seputar batu akik di batumuliacenter.

sumber: okezone.com
Advertisment