Batu Jangus, Akik Khas Daerah Langkat

Advertisment

Batu Akik Jangus merupakan batu akik yang berasal dari Langkat, Provinsi Sumatera Utara, tepatnya di Desa Telaga Said, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat. Warga daerah tersebut rame dengan pencarian batu yang berkualitas tinggi dengan warna yang beraneka ragam. Hampir setiap hari warga mencari bahan Batu Akik Jangus di Sungai di Daerah Jangus.



Batu Jangus, Akik Khas Daerah Langkat di Sungai Jangus tidak mudah karena warga harus menyusuri sungai dan memilih batu dengan corak khas dan memiliki ulir yang bagus. Bagi orang yang beruntung mereka dapat membawa bahan bongkahan Batu Akik Jangus setengah karung.

Setelah melakukan pencarian, biasanya warga memproduksi atau membuat batu akik cincin ataupun liontin dengan menggunakan peralatan sederhana. Banyak orang yang datang untuk membeli Batu Akik Jangus karena corak warnanya yang bagus, biasanya pembeli dari luar daerah atau bahkan sampai luar negeri. Batu Jangus, Akik Khas Daerah Langkat memiliki tingkat kekerasan yang tinggi mencapai 9 Mohs. Bagi anda pencinta batu akik Sumatera ada juga pilihan lain seperti Batu Akik Red Raflesia Benngkulu yang sangat begitu mempesona. Ikuti terus informasi dan Tips batu mulia hanya di batumuliacenter.
Advertisment